Aneka jenis dan komposisi tuna kaleng

Komposisi tuna kaleng tentunya bermacam-macam sesuai dengan jenis tuna kaleng apa yang hendak disantap. Ikan tuna merupakan salah satu ikan jenis air asin yang memiliki tekstur daging lembut dan bercita rasa khas. Selain itu, ikan tuna juga mengandung zat gizi yang sangat tinggi dan beragam sehingga sangat baik dikonsumsi bagi kesehatan.
Ikan tuna segar sangat banyak tersedia di pasar-pasar hingga swalayan. Tak hanya produk ikan segar saja, saat ini sudah banyak produsen yang memperoduksi ikan tuna kalengan. Tentu saja ikan tuna yang disajikan dalam kemasan kaleng ini memiliki jenis dan rasa yang bebeda. Ikan tuna saat ini telah mulai digemari oleh masayrakat. Konsumen ikan tuna tak hanya orang dewasa saja namun bagi anak-anak atau balita juga sangat bagus manfaatnya.

Aneka jenis dan komposisi tuna kaleng
Peminat ikan tuna saat ini semakin meningkat karena kesadaran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi lauk kaya nutrisi. Tak hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, tuna juga sanga baik untuk diberikan pada anak-anak. Kandungan DHA dan asam lemak omega 3 sangat baik bagi perkembangan otak dan kecerdasan anak. Selain tersedia ikan tuna segar, juga terdapat produk ikan tuna kaleng yang dapat mudah diperoleh. Berbagai jenis tuna serta aneka rasa tersedia dalam tuna kaleng. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:
  • Tuna solid
Jenis tuna kaleng yang pertama adalah tuna solid. Tuna solid merupakan tuna kaleng dengan standar paling premium. Jenis ini memiliki daging tuna yang utuh serta dapat memenuhi penampang kemasan kalengnya dan tidak menyisakan banyak rongga udara. Tentu saja harga tuna solid dibanderol dengan harga yang paling mahal dibandingkan jenis tuna kaleng lainnya.
Tekstur lembut tuna tanpa duri dan tulang dalam kemasan tuna solid banyak diburu oleh masyarakat. Utuhnya daging membuat nutrisi yang dapat diperoleh konsumen juga semakin tinggi dan lengkap. Saat ini sudah banyak perusahaan produsen tuna kaleng yang menyediakan tuna kaleng jenis solid ini dengan beragam rasa yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.
  • Tuna chunks
Selain tuna solid, jenis tuna kelang yang selanjutnya adalah tuna chunks. Jenis tuna kaleng yang satu ini memiliki beberapa potongan atau bongkahan daging tuna di dalam kemasan kaleng. Berbeda dengan tuna solid yang tersedia utuh, tuna chunks dikemas dengan bentuk potongan-potongan. Namun teksturnya tetap lembut dan khas. Sama halnya seperti tuna solid atau jenis tuna lainnya, tuna ckunks juga tersedia dalam beragam aneka rasa. Konsumen pun dapat mmengkonsumsinya dengan hanya dipanaskan saja atau ditambah beberapa jenis bumbu lain supaya rasanya lebih maksimal.
  • Tuna flakes
Kemudian terdapat jenis ketiga yaitu tuna flakes. Untuk jenis yang satu ini, ikan tuna disediakan dalam bentuk serpihan yang notabennya jauh lebih kecil dengan bentuk potongan pada tuna chunks. Hampir semua macam tuna kaleng selalu didominasi dengan liquid termasuk tuna jenis flakes. Ukuran serpihan daging tuna dalam pada jenis ini berkisar antara 0,5 cm sampai 2 cm. Semakin banyak jumlah serpihan yang tersaji di dalam kemasan kaleng, maka akan semakin mahal pula harga yang dibanderolkan. 
  • Tuna shredded
Yang terakhir terdapat jenis tuna kaleng dengan nama shredded. Walaupun terkadang variasi tuna kaleng dilakukan dengan menambah jenis ikan dalam komposisinya seperti albakor, cakalang, tongkol dan sebagainya. Namun kandungan ikan tuna di dalam kaleng tetaplah diprioritaskan. Jenis tuna shredded hampir disamakan dengan tuna flakes karena bentuknya juga serpihan. Namun tuna shredded sebenarnya memiliki serpihan daging tuna yang lebih lembut. Serpihan yang terkemas dalam kaleng jenis shredded memiliki ukuran kurang dari 0,5 cm. seperti jenis lainnya, tuna shredded juga dilengkapi dengan liquid dan tersaji dalam Beragam rasa.
Sedangkan berbagai rasa tuna yang tersedia dalam berbagai produk ikan tuna kaleng dengan komposisi tuna kaleng terpercaya telah banyak beredar di pasaran. Kemasan ikan tuna kaleng adalah produk siap saji atau ready to serve. Namun konsumen juga tetap dapat mengkombinasi bumbunya dengan mengolahnya kembali sebentar. Berbagai rasa tuna kaleng tersebut antara lain.
  • Tuna in sambal goreng
Rasa tuna kaleng yang terdapat di pasaran pertama adalah resep tuna sambal goreng. Biasanya dalam produk ini terdapat dua pilihan rasa yakni rasa pedas dengan saus cabai dan rasa tak pedas dengan saus tomat. Komposisi tuna kaleng ini antara lain daging tuna, kentang, air, kedelai, bawang merah, bawang putih, tomat, cabai, asam, lengkuas, garam, gula, daun jeruk dan penguat rasa mononatrium glutamate.
  • Tuna bumbu rica-rica
Rasa tuna kaleng yang kedua adalah tuna bumbu rica-rica. Jenis rasa tuna kaleng ini didominasi dengan rasa pedas dan menghangatkan tubuh karena memiliki rempah-rempah dalam komposisinya. Ukuran kemasan kaleng yang banyak tersedia di pasaran adalah 185 gr. Beberapa komposisi tuna bumbu rica-rica antara lain daging tuna, minyak kedelai, saos tomat, gula, garam, bawang putih, bawang merah, cabai, jahe dan penguat rasa.
  • Tuna bumbu nasi goreng
Selanjutnya ada tuna bumbu nasi goreng yang khas dengan lidah orang Indonesia. Tuna bumbu nasi goreng diolah dengan mencampurkannya ke dalam nasi goreng yang membuat sajian nasi goreng menjadi lebih menggugah selera. Komposisi tuna kaleng yang satu ini antara lain daging tuna, bawang putih, bawang Bombay, cabai, minyak kedelai, kecap, garam dan penguat rasa.
  • Tuna bumbu cabe
Bagi yang senang pedas, tuna bumbu cabai adalah pilihan yang tepat. Komposisi jenis tuna kaleng yang satu ini antara lain daging tuna, minyak sayur, cabe besar, garam, cabai rawit dan penguat rasa.
Demikianlah beberpa informasi detail mengenai jenis-jenis dan komposisi tuna kaleng yang sangat baik bagi kesehatan. Berbagai macam rasa dan jenis tuna tentu saja dapat disesuaikan dengan selera konsumen. Harganya pun sangat variatif dengan produk pedas maupun gurih.